Monday, May 6, 2019

Macam-Macam Barang Berdasarkan Sifatnya, Fungsinya, Wujudnya, Cara Penggunannya Dan Cara Pengerjaannya

Ada 2 macam alat pemuas kebutuhan manusia, yaitu barang dan jasa. Dalam pelajaran ekonomi sekolah, barang dan jasa diklasifikasikan berdasarkan sifatnya, fungsinya, wujudnya, cara penggunannya atau hubungannya dengan barang lain, dan juga cara pengerjaannya.

Alat pemuas kebutuhan insan berupa barang yakni segala sesuatu yang berwujud, sanggup dirasakan, dilihat, dan mempunyai nilai guna bagi konsumennya. Sedangkan jasa merupakan alat pemuas kebutuhan insan yang tidak sanggup dirasakan oleh indera manusia, tetapi memperlihatkan banyak manfaat dan nilai guna untuk membantu kehidupan insan sehari-hari.

Berikut ini yakni klarifikasi mengenai penggolongan barang  menurut sifatnya, fungsinya, wujudnya, cara penggunannya, dan cara pengerjaannya beserta dengan contohnya.


 barang dan jasa diklasifikasikan berdasarkan sifatnya Macam-Macam Barang  Menurut Sifatnya, Fungsinya, Wujudnya, Cara Penggunannya dan Cara Pengerjaannya


Macam-macam barang berdasarkan sifatnya


Menurut sifatnya, barang dibedakan menjadi barang bebas, barang ekonomi dan barang illith.
  • Barang ekonomi yakni barang pemuas kebutuhan mannusia yang mempunyai nilai dan harga sehingga untuk memperolehnya diharapkan pengorbanan berupa waktu, tenaga, uang, pikiran, dan lain-lain. Barang ekonomi sifatnya tidak gratis. Contoh barang ekonomi yakni minyak di dalam bumi, sepeda motor di dealer, sayur di pasar, tas Louis Vuitton asli, dan lain-lain. Semua orang butuh pengorbanan untuk mendapat barang-barang itu.
  • Barang bebas yakni barang yang jumlahnya tidak terbatas dan sanggup diperoleh dengan gampang tanpa perlu melaksanakan pengorbanan yang berarti. Umumnya barang bebas yakni barang yang disediakan oleh alam. Ccontoh barang bebas antara lain yakni pasir di gurun, air laut, udara yang kita hirup sehari-hari, dan lain-lain. Status barang bebas sanggup meningkat jikalau dikemas. Contohnya yakni air kemasan yang berasal dari pegunungan, gas yang ada di dalam tabung oksigen penyelam, dan lain-lain.
  • Barang illith yakni barang yang dalam keadaan normal akan memperlihatkan manfaat bagi manusia, sedangkan dalam kondisi berlebihan akan mengakibatkan bencana. Contoh barang illith yakni air laut, angin dan air hujan. Dalam kondisi normal air maritim sanggup menjadi sobat peselancar, menjadi berkah bagi nelayan yang melaut, dan lain-lain. Dalam kondisi berlebihan, air maritim menjadi gelombang tsunami yang mematikan. Angin dan hujan juga mempunyai sifat yang sama.


Macam-macam barang berdasarkan fungsinya


Menurut fungsinya atau tujuan penggunaannya, barang dibedakan menjadi barang konsumsi dan barang produksi.
  • Barang konsumsi yakni segala jenis barang yang siap pakai dan sanggup pribadi digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Barang konsumsi pribadi bermanfaat saat dipakai. Contoh barang konsumsi yakni makanan, minuman, pakaian, dan lain-lain.
  • Barang poduksi yakni barang yang mempunyai kegunaan untuk menghasilkan barang lain. Barang produksi tidak sanggup pribadi digunakan untuk memuaskan kebutuhan manusia. Akan tetapi barang produksi membantu untuk menghasilkan barang produksi. Istilah lain dari barang produksi yakni barang modal. Contoh barang produksi antara lain yakni mesin jahit, mesin pengalengan ikan, dan lain-lain.


Macam-macam barang berdasarkan wujudnya


Menurut wujudnya, barang sanggup dibedakan menjadi barang faktual dan barang abstrak.
  • Barang faktual yakni barang yang nyata yang berwujud. Barang konkrit sanggup dilihat, dirasakan, dikecap, dan disentuh oleh indera manusia. Contoh barang faktual sangat banyak dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain helm, motor, meja, kursi, lampu, pisang, alpukat, kendaraan beroda empat Ferrari, dan lain-lain.
  • Barang ajaib yakni barang yang tidak nyata tetapi mempunyai nilai yang sangat berharga bagi kehidupan manusia. Contoh barang ajaib antara lain yakni hak cipta, hak merek, hak mendapat royalty, dan lain-lain. Istilah lain untuk barang ajaib yakni jasa.


Macam-macam barang berdasarkan cara penggunannya


Pembagian barang berdasarkan cara penggunannya dikenla juga dengan sebutan pembagian barang berdasarkan hubungannya dengan barang lain. Menurut cara penggunannya, barang dibedakan menjadi barang substitusi dan barang komplementer.
  • Barang substitusi atau barang pengganti yakni barang yang fungsinya sanggup digantikan oleh barang lain alasannya yakni mempunyai fungsi yang sama. Contoh barang substitusi yakni kendaraan beroda empat dan motor, nasi dan sagu, ikan dan ayam, kaos dengan kameja, dan lain-lain. Jadi, jikalau kita belum mempunyai mobil, nasi, ayam, dan kameja, kita sanggup menggantikannya dengan motor, sagu, ikan dan kameja.
  • Barang komplementer atau barang pelengkap yakni barang yang mempunyai fungsi jikalau digunakan secara bersama-sama. Jika salah satu dari barang ini tidak ada, maka kebutuhan insan tidak akan terpenuhi. Contoh barang komplementer yakni motor dan bensin. Tanpa bensin motor tidak akan berjalan dan tanpa motor bensin hanya sanggup untuk pembakaran. Contoh barang komplemeter lainnya yakni CPU, Monitor, Keyboard dan Mouse. 


Macam-macam barang berdasarkan cara pengerjaannya


Menurut cara pengerjaannya, barang dibedakan menjadi barang mentah, barang setengah jadi dan barang jadi.
  • Barang mentah yakni barang yang gres dihasilkan oleh alam dan belum sanggup digunakan untuk memberi kemanfaatan maksimal. Barang mentah belum mengalami proses pengolahan apapun. Contoh barang mentah yakni bijih besi, pohon kayu, kapas, gabah, dan lain-lain.
  • Barang setengah jadi ada barang yang telah mengalami proses pengolahan atau proses produksi, tetapi belum sanggup pribadi diolah untuk memperoleh manfaat yang besar. Contoh barang setengah jadi yakni pohon yang diproses menjadi kayu, benang yang dihasilkan dari mengolah kapas, gabah yang digiling menjadi padi, dan mesin yang diolah dari besi.
  • Barang jadi yakni barang yang sudah siap untuk digunakan dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh barang jadi yakni meja yang dibentuk dari kayu, nasi yang telah matang, kain yang telah dipintal dari benang, dan kendaraan bermotor yang telah dirancang memakai mesin-mesin.

Demikianlah klarifikasi mengenai macam-macam barang berdasarkan sifatnya, fungsinya, wujudnya, cara pengerjaannya dan cara penggunannya. Semoga bermanfaat untuk kita semua.



Load comments