Thursday, June 6, 2019

Pengertian Sekretariat, Sekretaris Dan Kesekretariatan Berdasarkan Para Ahli

Pengertian sekretariat dan kesekretariatan


Menurut Wursanto (2006:15), pengertian sekretariat yaitu :
  • Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia, sekretariat berarti pekerjaan, segenap urusan sekretaris, atau sanggup berarti pula kepaniteraan.
  • Sekretariat berarti daerah seorang sekretaris melaksanakan pekerjaan di bidang sekretariat.
  • Sekretariat berarti daerah secretaries berikut para stafnya melaksanakan kegiatan dalam bidang sekretariat atau ketatausahaan yang mencakup segenap kegiatan pengelolaan surat menyurat yang dimulai dari menghimpun (menerima), mencatat, mengadakan, mengirim, dan menyimpan semua materi keterangan yang diharapkan oleh organisasi.
  • Satuan organisasi yang melakasanakan pekerjaan office service atau jasa-jasa perkantoran, contohnya dalam hal penyambungan telepon, pengadaan dan pemeliharaan mesin-mesin kantor, tata ruang kantor, pembuatan formulir, komputerisasi, surat menyurat dan kearsipan.
  • Sekretariat jendral yaitu satuan organisasi yang terdapat dalam lingkungan organisasi yang cukup besar  yang melaksanakan pekerjan ibarat dalam hal sekretariat, contohnya sekretariat jendral departemen, sekretariat jendral forum tinggi negara.
  • Kesekretariatan yaitu kegiatan yang dilakukan oleh sekretaris, jadi kesekretariatan memperlihatkan kegiatan atau tata kerja.

Definisi sekretariat berdasarkan Saiman (2002:31), sekretariat merupakan suatu daerah di mana terjadinya kegiatan kerja yang sifatnya tetap pada suatu kantor atau suatu daerah tertentu yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan bersama.

Selanjutnya, berdasarkan Saiman, Pengertian kesekretariatan yaitu kegiatan yang dilakukan pada sekretariat, yakni memperlihatkan tata kerja atau proses kerjanya sekretariat. Kesekretariatan bersifat aktif dan dinamis dalam kegiatan jasa-jasa perkantoran, terutama yang sangat berkaitan dengan proses administrasi.

 Pengertian sekretariat dan kesekretariatan Pengertian Sekretariat, Sekretaris dan Kesekretariatan Menurut Para Ahli


Definisi kesekretariatan berdasarkan Sedarmayanti (1997:3), kesekretariatan yaitu segala kegiatan yang dilakukan oleh sekretariat. Jadi, kesekretariatan menyatakan kegiatan dan tata kerja kerjanya.   Kemudian Sedarmayanti memperlihatkan bahwa sebagai perbandingan, berikut ini beberapa pendapat wacana pengertian sekretariat.

Kesekretariatan berdasarkan Webster (1956:1317) dalam New World Dictionary yang dikutip oleh Sedarmayanti (1997:4) disebutkan bahwa sekretariat yaitu :
  • Kantor atau kedudukan seorang sekretaris.
  • Kantor atau daerah di mana seorang sekretaris melaksanakan pekerjaannya.
  • Pegawai atau satuan organisasi yang dipimpin oleh seorang sekretaris.
  • Pegawai atau sekelompok sekretaris.

Selanjutnya Funk dan Wagnalss (1967:1137) dalam buku Standard Dictionary of the English Language yang dikutip oleh Sedarmayanti menyebutkan bahwa sekretariat yaitu :
  • Kedudukan seorang sekretaris.
  • Tempat di mana seorang sekretaris melaksanakan pekerjaannya dan memelihara warkat-warkat dinasnya.
  • Seluruh pegawai dari para sekretaris di dalam kantor, khususnya departemen yang dipimpin oleh sekretaris pemerintahan.
  • Perserikatan Bangsa-Bangsa yang terdiri dari sekretaris jenderal, para pegawai, dan para sekretarisnya.

Dengan demikian, sanggup disimpulkan bahwa sekretariat yaitu kantor di mana sekretaris beserta stafnya melaksakan rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan kantoran termasuk  memelihara warkat-warkat dinas dan dukungan lainnya yang dilaksanakan sebagai kegiatan penunjang.


Pengertian sekretaris


Pengertian sekretaris dalam Sedarmayanti (1997:11), antara lain yaitu :

Menurut Prayudi Atmosudirjo, istilah sekretaris tolong-menolong berasal dari bahasa  asing yang diindonesiakan, yaitu Bahasa Belanda “secretaries” atau dalam Bahasa Inggris “secretary” berasal dari bahasa Latin “sectrum” yaitu “rahasia” jadi menyangkut seorang yang sanggup dipercaya, seorang yang sanggup menyimpan rahasia.

Wusanto menjelaskan bahwa :
  • Sekretaris langsung atau private secretary yaitu seorang pegawai yang bertugas memperlihatkan dukungan kepada pimpinan di bidang pekerjaan ketatausahaan yang mencakup surat menyurat, pendiktean dan stenografi.
  • Sekretaris berfungsi sebagai manejer yaitu seorang pimpinan yang membawahi suatu satuan organisasi yang melaksanakan pekerjaan pelayanan dalam bidang ketatausahaan, yang lazim disebut dengan kepingan sekretariat atau sekretariat jenderal.
  • Sekretaris yaitu seorang pegawai yang bertugas membantu pimpinan kantor dalam menuntaskan pekerjaan-pekerjaan detail kepala pimpinannya. Jadi, fungsi sekretaris yaitu sebagai pembantu seorang kepala atau pembantu seorang pimpinan.

Menurut Jess Stein, pengertian sekretaris yaitu :
  • Seorang yang melaksanakan korespondensi, memelihara warkat, dan lain-lain untuk perorangan atau organisasi.
  • Seorang pegawai yang mengepalai suatu departemen.
  • Sebuah perabotan untuk digunakan sebagai meja tulis.

Berdasarkan beberapa pengertian di atas, maka pengertian sekretaris yaitu pegawai atau orang yang bertugas memperlihatkan dukungan kepada pimpinan dalam bidang pekerjaan ketatausahaan ibarat korespondensi atau surat-menyurat, pendiktean, stenografi, serta menyimpan warkat-warkat.

Seorang sekretaris yaitu orang yang harus sanggup menyimpan rahasia, sebab pekerjaan sekretaris yaitu pekerjaan yang sifatnya rahasia. Demikianlah klarifikasi mengenai pengertian sekretariat, kesekretariatan dan sekretaris. Semoga bermanfaat.

Load comments