Thursday, May 2, 2019

Pengertian Dan Pola Barang Inferior, Superior Dan Pertengahan

Macam-macam  barang berdasarkan kualitasnya terdiri atas barang superior,  barang inferior, dan barang pertengahan. Berikut ini yaitu klarifikasi mengenai pengertian dan contoh barang inferior, superior dan barang pertengahan.


Pengertian dan contoh barang superior


Pengertian barang superior secara umu madalah barang yang mempunyai kualitas tinggi sehingga bisa menunjukkan prestise (martabat) tersendiri bagi pemakainya. Barang superior menjadi contoh bagi status sosial seseorang. Orang yang memakai barang superior akan memperoleh kepuasan batin dengan adanya kebanggaan dari orang lain. Umumnya barang superior dikonsumsi oleh orang berpenghasilan tinggi. 

Contoh barang superior antara lain yaitu  mobil glamor dan pakaian mewah. Pemilik kendaraan beroda empat Ferrari atau Lamborghini hanyalah kalangan terbatas yang mempunyai penghasilan di atas rata-rata. Dengan adanya barang superior berupa kendaraan beroda empat glamor ditambah lagi dengan pakaian bermerek mahal, maka ia akan memperoleh legalisasi dari masyarakat sebagai orang berada. Selain itu, smartphone juga merupakan contoh barang superior, sehingga orang yang memakai Iphone brand Apple merasa mempunyai status ekonomi lebih baik dari pada orang yang memakai smartphone China menyerupai Vivo. 

barang berdasarkan kualitasnya terdiri atas barang superior Pengertian dan Contoh Barang Inferior, Superior dan Pertengahan

Pengertian dan contoh barang inferior


Pengertian barang inferior secara umum yaitu barang yang mempunyai kualitas rendah. Dengan demikian, maka barang inferior tentu saja memmiliki harga yang rendah. Umumnya barang inferior dikonsumsi oleh orang berpenghasilan rendah. Bagi masyarakat dengan penghasilan pas-pasan, barang inferior yaitu barang terbaik untuk memenuhi segala kebutuhan mereka.

Contoh barang inferior yaitu  barang-barang bekas, barang-barang menyerupai sepatu, tas dan baju yang berkualitas rendah yang dijual dengan harga murah. Beras raskin yang dikonsumsi masyarakat miskin juga termasuk barang inferior. Barang bekas yang diimpor dari luar negeri termasuk sebagai barang inferior. Barang bekas dari luar negeri bersifat illegal.   Penggunaan barang-barang bekas dari luar negeri menyerupai sepatu, pakaian, baju, celana sampai pakaian dalam dianggap merendahkan derajat dan martabat bangsa, sehingga tidak heran bila penyelundupan barang bekas ini menerima perhatian penting pemerintah.


Pengertian dan contoh barang pertengahan


Pengertian barang pertengahan yaitu barang yang mempunyai kualitas sedang, tidak murah, dan tidak tergolong mahal. Umumnya barang pertengahan dikonsumsi oleh orang berpenghasilan menengah. Barang jenis ini tidak terlalu membedakan status insan antara si kaya dengan si miskin.

Contoh barang pertengahan antara lain yaitu beras, sepatu, tas dan baju yang berkualitas menengah yang dijual dengan harga sedang (tidak murah, tidak mahal).

Demikianlah klarifikasi dan contoh barang superior, barang inferior dan barang pertengahan. Semoga bermanfaat. Kita perlu tahu bahwa terkadang dunia itu sangat penuh dengan tipuan. Banyak orang memakai kendaraan beroda empat Lamborghini hanya terlihat keren, padahal kantongnya kosong dan tidak berduit. Jadi, jangan pernah minder bila hari ini anda hanya memakai kendaraan beroda empat Kijang ataupun hanya bersepeda motor.

Load comments