Sunday, May 12, 2019

Pengertian Kebutuhan Individu/Perorangan Dan Kebutuhan Kelompok Serta Contohnya

Kebutuhan individu dan kebutuhan kelompok yaitu penggolongan kebutuhan insan menurut subjeknya atau konsumennya. Antara kebutuhan individu dan kebutuhan kelompok mempunyai perbedaan yang sangat signifikan. Jika kebutuhan individu tidak terpenuhi, maka yang akan mengalami dilema hanyalah individu yang bersangkutan. Sedangkan kalau kebutuhan kelompok tidak terpenuhi, maka banyak dilema yang sanggup terjadi.


Pengertian  dan pola kebutuhan individu atau perorangan


Pengertian kebutuhan individu secara umum yaitu kebutuhan pribadi yang harus dipenuhi oleh seorang individu untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Setiap individu mempunyai kebutuhan yang berbeda, bahkan kalau individu tersebut mempunyai kembaran, maka sanggup kita pastikan keduanya mempunyai kebutuhan yang berbeda.

Anak sekolah mempunyai kebutuhan individu yang berbeda dengan seorang mahasiswa. Begitu pula dengan seorang tentara yang kebutuhan individunya berbeda dengan seorang broker saham atau pengacara.

Contoh kebutuhan individu yang umum yaitu makanan, minuman, pekerjaan, dan pendidikan. Sedangkan secara khusus, kebutuhan individu insan sangat berbeda. Contoh kebutuhan individu untuk pelajar antara lain yaitu buku, tas, sepatu, seragam, dan lain-lain. Sedangkan pola kebutuhan individu untuk mahasiswa antara lain yaitu laptop, smarthone canggih biar dianggap keren, kendaraan bermotor, dan lain-lain.

Kebutuhan individu dan kebutuhan kelompok Pengertian Kebutuhan Individu/Perorangan dan Kebutuhan Kelompok serta Contohnya

Pengertian dan pola kebutuhan kelompok


Kebutuhan kelompok atau kebutuhan kolektif yaitu kebutuhan yang diharapkan oleh banyak orang secara bersama-sama. Kebutuhan ini sangat penting untuk menunjang kelangsungan hidup suatu kelompok masyarakat.

Kebutuhan kelompok yang aka n terpenuhi akan meningkatkan kesejahteraan, keharmonisan, kebersamaan, kenyamanan dan keselarasan dalam kehidupan masyarakat. Jika kebutuhan kelompok tidak terpenuhi, maka yang akan menjadi korban bukan hanya satu orang, tetapi sebuah kelompok masyarakat yang sangat banyak.

Contoh kebutuhan kelompok atau kebutuhan kolektif yaitu jalan raya, sarana dan prasarana pendidikan, pasar, bandara, pelabuhan, sarana dan prasarana kesehatan, pasar, dan lain-lain.

Pemerintah sebagai pelaksana kekuasaan direktur mempunyai tugas yang paling vital untuk menyediakan sarana dan prasarana yang menjadi kebutuhan kolektif manusia. Oleh alasannya yaitu itu, tidak heran kalau kebutuhan kelompok tidak terpenuhi, maka biasanya masyarakat akan menuntut pada pemerintah.


Demikianlah klarifikasi mengenai pengertian dan pola kebutuhan individu dan kebutuhan kelompok. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Load comments