Tuesday, April 9, 2019

Pengertian Penawaran Dan Macam-Macam Penawaran

Setelah di artikel sebelumnya dibahas mengenai permintaan, maka pada artikel ini akan dijelaskan mengenai pengertian penawaran dan macam-macam penawaran.

Pengertian penawaran


Kita sering melihat para penjual di pasar dan di toko-toko memperlihatkan barang dagangannya. Di TV, radio, majalah, koran, dan di banyak sekali daerah kita juga bisa melihat banyak sekali iklan dari penjual/produsen yang sedang memperlihatkan barang dan jasanya. Jadi, penawaran di sini bisa diartikan sebagai jumlah barang atau jasa yang ditawarkan penjual/ produsen pada waktu tertentu dan pada harga tertentu. 

Definisi penawaran secara sederhana yaitu jumlah barang yang disediakan oleh penjual untuk dijual kepada pembeli. Penjual memperlihatkan barang dan jasa kepada pembeli dengan harga tertentu, pada kondisi tertentu sesuai dengan situasi.

Ketika harga barang naik, maka jumlah barang yang ditawarkan pedagang atau produsen juga akan naik. Namun, ketika harga turun, maka jumlah barang yang ditawarkan kepada konsumen juga menurun.

Keadaan ibarat ini kadang dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Misalnya saja orang yang membeli BBM dalam jumlah banyak, kemudian ditimbun dan dijual kembali ketika harga BBM telah naik.

 Setelah di artikel sebelumnya dibahas mengenai ajakan Pengertian Penawaran dan Macam-Macam Penawaran

Macam-macam penawaran


Penawaran sanggup dikelompokkan menjadi dua, sebagai berikut: 
  1. Penawaran individu, yaitu penawaran yang berasal dari seorang penjual, contohnya penawaran dari Pak Hadi atau penawaran dari Ibu Tita. 
  2. Penawaran kolektif/pasar, yaitu penawaran yang merupakan kumpulan dari penawaran individu.

Penawaran individu tidak mempunyai efek besar dalam aktivitas ekonomi, akan tetapi, ajakan kelompok atau ajakan pasar akan berdampak besar dalam perekonomian.

Selain itu, penawaran juga dibagi menjadi 3, yaitu :
  • Penawaran Sub Marginal : Penawaran sub marginal yaitu penawaran yang dilakukan oleh penjual yang bisa menjual dibawah harga pasar. 
  • Penawaran marginal: Penawaran marginal yaitu penawaran yang dilakukan oleh penjual yang bisa menjual sama dengan harga pasar. 
  • Penawaran Super Marginal: Penawaran super marginal yaitu penawaran yang dilakukan oleh penjual yang menjual produknya diatas harga pasar

Keadaan pasar memang selalu berubah-ubah dan tidak stabil. Ketika jumlah ikan langka di pasaran, maka penjual atau produsen akan memperlihatkan ikan sebanyak-banyaknya dengan harga yang tinggi. Pada dikala yang sama, ajakan akan ikan dari konsumen akan berkurang. Pada akhirnya, semuanya akan mencapai harga keseimbangan pada titik tertentu.

Demikianlah klarifikasi singkat mengenai pengertian penawaran dan macam-macam penawaran. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Load comments