Pasar monopoli akan terjadi pada kondisi dikala pasar hanya terdapat satu penjual dan barang yang dijual tersebut tidak ada penggantinya serta jumlah pembelinya sangat banyak. Untuk mengetahui ciri-ciri pasar monopoli dan kelebihan dan kekurangan pasar monopoli, maka terlebih dahulu kita perlu tahu pengertian pasar monopoli.
Pengertian pasar monopoli
Pasar monopoli merupakan suatu bentuk pasar yang terdiri dari satu penjual. Seluruh penawaran dikuasai oleh satu penjual. Monopoli terjadi sebab terdapat faktor-faktor penghambat bagi penjual lain untuk masuk ke pasar tersebut. Faktor penghambat tersebut terdiri atas penghambat teknis dan legal.
Faktor penghambat teknis terjadi sebab penjual bisa menghasilkan produk secara inovatif, contohnya menemukan cara berproduksi yang baru, teknologi atau faktor produksi yang baru. Faktor penghambat legal terjadi jikalau penjual dalam menghasilkan atau menjual produknya diberi hak monopoli oleh pemerintah.
Hal ini akan menjadikan tertutupnya peluang penjual lain untuk menghasilkan dan menjual produk tersebut. Misalnya, PLN atau Perusahaan Listrik Negara yakni satu-satunya perusahaan yang mengelola listrik di Indonesia. Listrik yakni barang yang sangat vital bagi masyarakat dan tidak ada barang yang sangat bisa menggantikan listrik.
Ciri-ciri pasar monopoli
Berikut ini yakni ciri-ciri pasar monopoli yang perlu anda tahu :
Terdapat satu perusahaan atau penjual
Dengan hanya ada satu perusahaan, konsumen tidak sanggup membeli barang dan jasa di kawasan lain. Konsumen akan mendapatkan semua kebijakan yang dibentuk oleh perusahaan tersebut. Di sisi lain, barang yang dijual tidak mempunyai kualitas anggun sebab tidak mempunyai pesaing.
Tidak mempunyai barang pengganti yang dekat
Barang yang dihasilkan oleh perusahaan yang memonopoli perdagangan tidak sanggup digantikan oleh barang lain sehingga konsumen tidak mempunyai pilihan lain, selain memakai barang dan jasa yang disediakan oleh perusahaan monopoli.
Perusahaan sebagai penentu harga (piece maker)
Sebagai satu-satunya perusahaan dalam pasar, perusahaan sanggup menentukan tingkat harga. Jika perusahaan ingin memproduksi banyak barang, perusahan harus menurunkan harga di pasar.
Adanya kendala bagi perusahaan lain atau penjual lain untuk memasuki pasar
Dalam pasar monopoli, yakni hal yang lumrah bagi perusahaan lain untuk memasuki pasar. Adanya kendala ini menguntungkan pelaku monopoli sebab penjual lain tidak bisa masuk sehingga laba perusahaan tetap besar.
Tidak memerlukan iklan
Ciri pasar monopoli lainnya yakni tidak adanya iklan. Dengan hanya adanya satu penjual, maka perusahaan tidak perlu menarik pembeli dengan cara mengiklankan produk yang dijualnya. Iklan diperlukan untuk mempertahankan korelasi baik antara penjual dan pembeli.
Kelebihan dan kelemahan pasar monopoli
Kelebihan pasar monopoli antara lain sebagai berikut :
- Dengan laba yang diperolehnya, perusahaan sanggup melaksanakan penelitian atau pengembangan produknya.
- Adanya efisiensi perjuangan sebab produksinya dilakukan dalam skala besar.
Kekurangan pasar monopoli antara lain sebagai berikut :
- Tidak adanya pemerataan distribusi pendapatan.
- Kemungkinan harga yang ditetapkan tidak dalam tingkat rendah.
- Masyarakat tidak banyak menentukan pilihan dalam mengonsumsi barang dan jasa.
Demikianlah klarifikasi mengenai ciri-ciri pasar monopoli, pengertian pasar monopoli, serta kelebihan dan kekurangan pasar monopoli. Semoga bermanfaat.