Pasar persaingan monopolistik merupakan suatu pasar yang mendekati kenyataan. Pasar persaingan monopolistik akan bergantung pada kemampuan sebuah perusahaan untuk mensugesti pasar. Berikut ini klarifikasi mengenai pengertian pasar persaingan monopolistik, ciri-ciri serta kelebihan dan kekurangan pasar persaingan monopolistik.
Pengertian pasar persaingan monopolistik
Pasar persaingan monopolistik merupakan pasar yang di dalamnya terdapat banyak penjual atau produsen. Barang yang ada di pasar akan terdiferensiasi di antara banyak sekali macam produk yang dihasilkan produsen. Adanya diferensiasi produk berarti terdapat kemampuan produsen untuk mensugesti harga jual produknya meskipun efek tersebut sangat kecil.
Ciri-ciri pasar persaingan monopolistik
Ciri-ciri pasar persaingan monopolistik antara lain sebagai berikut :
Terdapat banyak penjual
Jumlah penjual dalam pasar persaingan monopolistik banyak, tetapi tidak sebanyak dalam pasar persaingan sempurna. Selain itu, jumlah produksi dari tiap-tiap perusahaan relative kecil dibandingkan dengan jumlah keseluruhan barang di pasar.
Barangnya bersifat berbeda corak
Barang dalam pasar persaingan monopolistik berbeda corak dan sanggup dibedakan antara hasil produk perusahaan satu dengan perusahaan lainnya. Perbedaan corak sanggup berupa fisik, pembungkusan atau kemasan, jasa purna jual, dan cara pembayaran.
Perusahaan memiliki sedikit efek dalam mensugesti harga
Perusahaan dalam pasar persaingan monopolistik memiliki efek untuk mensugesti harga pasar, tetapi pengaruhnya relative kecil. Kekuasaan ini bersumber dari sifat barang yang berbeda corak yang menciptakan konsumen bebas memilih.
Adanya akomodasi untuk masuk ke dalam industri atau pasar
Perusahaan sanggup dengan gampang untuk masuk ke pasar persaingan monopolistik. Oleh alasannya yakni itu, perusahaan harus memproduksi barang yang berbeda corak dengan barang yang sudah ada di pasar serta melaksanakan promosi untuk menarik konsumen.
Adanya efektivitas dalam promosi penjualan
Degan barang yang berbeda corak, perusahaan harus bisa mensugesti selera pembeli. Cara yang sanggup ditempuh antara lain mengiklankan produknya secara terus menerus, memperbaiki kualitas maupun desain barang, dan menawarkan pelayanan yang baik.
Kelebihan dan kelemahan pasar persaingan monopolistik
Kelebihan pasar persaingan monopolistik
Dengan adanya persaingan pasar ini, konsumen bebas menentukan banyak sekali macam barang baik dari jenis, mutu, model, dan tingkat harganya. Hal ini akan menyebabkan konsumen akan memperoleh kepuasan yang optimum.
Kelemahan pasar persaingan monopolitsik
- Masih banyak perusahaan yang bekerja kurang efisien dalam memanfaatkan sumber daya ekonomi alasannya yakni sebagian besar merupakan perusahaan kecil.
- Biaya yang dikeluarkan konsumen untuk mendapat barang lebih tinggi dibandingkan biaya marginal untuk menghasilkan barang. Sebaliknya, biaya yang dikeluarkan untuk membayar tenaga kerja hanya sebesar MC, artinya lebih rendah dari nilai barang yang diproduksi.
Demikianlah klarifikasi mengenai pengertian pasar persaingan monopolistik, ciri-ciri pasar persaingan monopolistik, serta kelebihan dan kekurangan pasar persaingan monopolistik.