Berdasarkan strukturnya, pasar sanggup dibedakan dari dua sisi, yaitu dari sisi penawaran dan sisi permintaan. Dari sisi penawaran, pasar terdiri dari pasar persaingan sempurna, pasar persaingan monopoli, pasar oligopoli, dan pasar persaingan monopolistik. Sedangkan dari sisi permintaan, pasar terdiri dari pasar monopsoni, pasar oligosponi, dan pasar persaingan monopolistik.
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna
Ciri-ciri pasar persaingan tepat sehingga sanggup dikatakan sebagai pasar persaingan tepat yaitu :
- Pasar tersebut harus terorganisasi secara sempurna.
- Setiap penjual dan pembeli mempunyai pengetahuan yang tepat perihal kondisi pasar, sehingga kekuatan pembeli sama.
- Barang yang diperjualbelikan bersifat homogen dan kuantitasnya banyak, sehingga distribusi lancar dan pasokan barang untuk pembeli tidak mengalami hambatan.
- Pembeli dan penjual mempunyai kebebasan untuk bertindak atau dengan kata lain tidak dibenarkan adanya perjanjian-perjanjian.
- Tidak ada campur tangan pemerintah, baik secara eksklusif maupun tidak langsung.
- Jumlah pembeli dan penjual banyak, oleh alasannya itu tidak terdapat efek individual terhadap tinggi rendahnya harga.
- Setiap penjual dan pembeli bebas keluar masuk pasar untuk bersaing.
Kelebihan pasar persaingan sempurna
Beberapa kelebihan pasar persaingan tepat antara lain :
- Adanya persediaan barang yang cukup banyak mengakibatkan pembeli bebas untuk menentukan barang yang hendak untuk dibeli.
- Di dalam pasar persaingan tepat harga terbentuk melalui proses tawar menawar barang antara penjual dan pembeli. Oleh alasannya itu, kepuasan maksimal akan sanggup dirasakan oleh kedua belah pihak.
- Terdapat suatu keadaan yang menguntungkan penjual, yakni mereka bebas untuk membuka atau menutup usaha. Hal tersebut alasannya biaya yang tidak terlalu tinggi.
Kelemahan pasar persaingan sempurna
Beberapa kelemahan pasar persaingan tepat antara lain :
- Penjual tidak sanggup memaksimalkan keuntungan. Atau dengan kata lain laba penjual cenderung kecil. Hal tersebut alasannya penjual dan pembeli mengetahui situasi pasar dan terdapat banyak penjual serta barang, maka penjual tidak sanggup menentukan harga sesuai keinginannya sendiri. Laba penjual relatif kecil alasannya tidak berani menciptakan harga seenaknya sendiri.
- Pasar persaingan tepat hanya ada dalam kondisi perekonomian ideal.
Proses pembentukan harga di dalam pasar persaingan tepat diikhtisarkan sebagai berikut :
- Jumlah penjual dan pembeli sangat banyak, namun di antara keduanya tidak sanggup saling mempengaruhi.
- Barang atau jasa yang ditawarkan akan habis berapapun kuantitasnya.
Demikianlah klarifikasi mengenai ciri-ciri pasar persaingan sempurna dan kelebihan serta kekurangan pasar persaingan sempurna. Semoga bermanfaat.