Sunday, December 15, 2019

Macam-Macam Forum Keuangan Bukan Bank (Lkbb)


Adapun macam-macam forum keuangan bukan bank (LKBB) atau forum keuangan non bank atau forum keuangan lainnya ialah sebagai berikut :
Pasar Modal
Pasar Uang Dan Valas
Koperasi Simpan Pinjam
Perum Pegadaian
Perusahaan Sewa Guna Usaha
Perusahaan Asuransi
Perusahaan Anjak Piutang
Modal Pensiun
Kartu Plastik / Kartu Kredit

Berikut ini ialah klarifikasi dari macam-macam forum keuangan bukan bank atau forum keuangan lainnya atau forum keuangan non bank di atas.

Pasar modal merupakan pasar daerah pertemuan dan melaksanakan transaksi antara pencari dana (emiten) dengan para penanam modal (investor). Dalam pasar modal, yang diperjual belikan ialah efek-efek  seperti saham dan obligasi di mana jikalau diukur dari waktunya modal yang diperjualbelikan merupakan modal jangka panjang.

Pasar Uang (Money Market) sama halnya menyerupai Pasar Modal, yaitu pasar termapt memperoleh dana dan investasi dana. Hanya bedanya, modal yang ditawarkan di pasar uang ialah berjangka waktu pendek, sedangkan modal yang ditawarkan di Pasar Modal berjangka waktu panjang. Dalam pasar uang, transaksi lebih banyak dilakukan secara media elektro sehingga nasabah tidak perlu tiba secara langsung.

 atau forum keuangan non bank atau forum keuangan lainnya ialah sebagai berikut  Macam-Macam Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB)


Koperasi Simpan Pinjam merupakan koperasi yang menghimpun dana dari para anggotanya kemudian menyalurkan kembali dana tersebut kepada anggota koperasi dan masyarakat umum. Artinya, para anggota koperasi simpan pinjam menyimpan uangnya yang sementara belum digunakan. Kemudian oleh pengurus koperasi uang tersebut dipinjamkan kembali kepada anggotanya yang membutuhkan, termasuk kepada masyarakat umum jikalau memungkinkan.

Perusahaan pegadaian merupakan forum keuangan yang menyediakan akomodasi donasi dengan jaminan tertentu. Jaminan nasabah tersebut digadaikan dan kemudian ditaksir oleh pihak pegadaian untuk menilai besarnya nilai jaminan. Besarnya nilai jaminan akan mempengaruhi jumlah pinjaman. Sementara ini, perjuangan pegadaian masih secara resmi dilakukan pemerintah.

Perusahaan sewa guna perjuangan (leasing) ialah Lembaga Keuangan Bukan Bank yang bidang usahanya lebih ditekankan pada pembiayaan barang-barang modal yang diinginkan oleh nasabahnya. Sebaga contoh, jikalau seseorang ingin memperoleh barang-barang modal secara kredit, maka kebutuhan ini pembayarannya sanggup ditutup oleh perusahaan leasing. Pembayaran oleh nasabah diangsur sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat. Jadi, dalam hal ini perusahaan leasing lebih banyak bergerak dalam bidang pembiayaan barang-barang kebutuhan modal.

Perusahaan asuransi merupakan perusahaan yang bergerak dalam perjuangan pertanggungan. Setiap nasabah dikenai polis asuransi yang harus dibayar sesuai dengan perjanjian dan perusahaan asuransi akan menanggung kerugian dengan menggantikannya apabila nasabahnya terkena peristiwa alam atau terkena resiko menyerupai yang telah diperjanjikan. Artinya, perjuangan asuransi merupakan aktivitas menanggung resiko yang dikaitkan dengan  keuangan antara polis yang harus dibayar dan klaim yang diterimanya. Besarnya polis akan mempengaruhi klaim yang akan diterima. Perusahaan asuransi dibagi kedalam banyak sekali jenis, menyerupai asuransi jiwa, asuransi kredit, asuransi kebakaran,  asuransi beasiswa, asuransi hari tua, asuransi kecelakaan, asuransi kehilangan, dan jenis-jenis asuransi lainnya.

Perusahaan anjak piutang (factoring), merupakan forum keuangan bukan bank yang usahanya ialah mengambil alih pembayaran kredit suatu perusahaan dengan cara membeli kredit bermasalah perusahaan lain atau sanggup pula mengelola penjualan kredit perusahaan yang membutuhkannya. Usaha ini memang relatif gres di Indonesia dan perusahaan anjak piutang aktivitas utamanya ialah membantu perusahaan yang sedang mengalami kesulitan dalam melaksanakan penagihan atau pengelolaan uangnya. Keuntungan yang diperoleh dari perjuangan ini merupakan fee yang telah disepakati bersama atau laba dari harga jual dan hasil penagihan yang dilakukannya.

Perusahaan Modal Ventura merupakan pembiayaan oleh perusahaan-perusahaan yang usahanya mengandung resiko tinggi. Lembaga keuangan bukan bank jenis ini relatif masih gres juga di Indonesia. Usahanya lebih banyak menunjukkan pembiayaan dalam bentuk kredit tanpa jaminan yang umumnya tidak dilayani oleh forum keuangan lainnya. selama ini, kreidt dengan jaminan sangat menyulitkan, memberatkan dan menghambat nasabah untuk memperoleh modal, walaupun remaja ini pihak perbankan telah melunakkan persyaratan untuk memperoleh kredit.

Dana pensiun, merupakan forum keuangan bukan bank yang kegiatannya mengelola dana pensiun suatu pemberi kerja atau perusahaan itu sendiri. Penghimpunan dana pensiun melalui iuran yang dipotong dari honor karyawan. Kemudian dana yang terkumpul oleh dana pensiun diusahakan lagi dengan menginvestasikan ke banyak sekali sektor yang  menguntungkan. Perusahaan yang mengelola dana pensiun sanggup dilakukan oleh bank atau perusahaan lainnya.

Kartu plastik atau dikenal dengan nama mata uang plastik atau kartu kredit  adalah forum keuangan bukan bank yang juga berperan dalam bidang pembiayaan. Kartu plastik dipakai sebagai pengganti uang tunai yang sanggup dipergunakan untuk banyak sekali keperluan lainnya. Pihak yang mengeluarkan kartu kredit itu sanggup dilakukan oleh forum keuangan bank atau forum keuangan non bank lainnya.

Perbedaan utama antara forum keuangan bank dan forum keuangan bukan bank ialah ragam produk yang ditawarkannya. Kegiatan utama pihak perbankan di samping menyalurkan dana juga menghimpun dana, sedangkan forum keuangan bukan bank lebih diarahkan kepada penyaluran dana saja.

Meskipun berbeda produk yang ditawarkan antara forum keuangan bank dengan forum keuangan lainnya, ada satu hal yang sama, yaitu dalam hal memilih harga yang harus dibayar atau dibeli oleh nasabahnya.

Penentuan harga yang harus dibayar atau harga jual dananya ditentukan dalam suatu tingkat suku bunga (kecuali bank yang menurut prinsip syariah). Masing-masing forum keuangan baik bank maupun forum  keuangan lainnya  mempunyai cara sendiri dalam hal  menentukan suku bungan pinjamannya. Hal ini sesuai pula dengan tujuan perusahaan masing-masing.

Load comments