Thursday, December 26, 2019

Macam-Macam Kebutuhan Insan Berdasarkan Intensitas Kegunaannya, Waktunya, Sifatnya, Dan Subjeknya

Jenis kebutuhan manusia sanggup diklasifikasikan berdasarkan intensitas kegunaan, waktu, sifat, dan subjeknya. Klasifikasi jenis kebutuhan manusia ini muncul alasannya perkembangan kebutuhan insan yang harus dipenuhi. Berikut ini ialah klarifikasi mengenai macam-macam kebutuhan insan tersebut.

Jenis kebutuhan insan berdasarkan intensitas kegunaan


Berdasarkan intensitas kegunaannya, kebutuhan dikelompokkan berdasarkan tingkat kepentingannya. Dalam pembagian terstruktur mengenai macam kebutuhan ini, terdapat 3 macam kebutuhan manusia, yaitu :


1. Kebutuhan primer

Kebutuhan  primer merupakan kebutuhan dasar bagi insan alasannya bekerjasama pribadi dengan kelangsungan hidup manusia. Kebutuhan primer harus dipenuhi, kalau tidak maka kehidupan insan akan terganggu. Dengan demikian, maka pengertian kebutuhan primer ialah kebutuhan yang harus dipenuhi insan untuk menjaga kelangsungan hidupnya.

Pada awalnya, kebutuhan primer hanya sebatas sandang, pangan, dan papan. Namun, dengan majunya peradaban manusia, kebutuhan primer pun berkembang. Pendidikan dan kesehatan juga dianggap sebagai kebutuhan primer. Contoh lain, bagi beberapa orang motor bukanlah kebutuhan primer. Tetapi, bagi tukang ojek motor ialah kebutuhan primer alasannya itu satu-satunya alat untuk 
memenuhi kebutuhan mereka untuk mencari nafkah.


2. Kebutuhan sekunder

Kebutuhan yang bekerjasama dengan status sosial seseorang dalam masyarakat disebut kebutuhan sekunder. Di dalam kenyataan sehari-hari, pengklasifikasian suatu kebutuhan sebagai kebutuhan primer atau bukan bersifat subjektif. Setiap anggota masyarakat mempunyai penafsiran yang berbeda satu sama lain. Salah satu hal yang mempengaruhi jenis kebutuhan sekunder ialah tingkat pendapatan.

Secara sederhana, pengertian kebutuhan sekunder ialah kebutuhan yang akan dipenuhi oleh insan kalau kebutuhan primernya telah terpenuhi. pola kebutuhan sekunder ketika ialah alat-alat rumah tangga ibarat meja, kursi, lemari, dan lain-lain.


3. Kebutuhan tersier

Kebutuhan tersier ialah kebutuhan yang akan dipenuhi insan kalau kebutuhan primer dan sekundernya telah terpenuhi. kebutuhan tersier ialah kebutuhan aka barang-barang mewah. Dalam praktiknya penafsiran jenis kebutuhan sekunder dan tersier akan berbeda satu sama lain. Contoh kebutuhan tersier ialah mobil, gadget super canggih, jet pribadi, bahkan pulau pribadi.


Jenis kebutuhan insan berdasarkan waktunya


Menurut waktu pemenuhan kebutuhannya, macam kebutuhan insan dibedakan menjadi 2, yaitu :


1. Kebutuhan sekarang

Kebutuhan kini yaitu kebutuhan yang harus dipenuhi ketika itu juga dan tidak sanggup ditunda-tunda pemenuhannya. Contoh kebutuhan kini antara lain jaket untuk orang yang kedingingan dan masakan untuk orang yang kelaparan.


2. Kebutuhan yang akan tiba (kelak)

Kebutuhan yang akan tiba atau kebutuhan kelak yaitu kebutuhan yang pemenuhannya sanggup dilakukan dikemudian hari dan sanggup ditunda. Contoh kebutuhan yang akan tiba ialah membeli minyak tanah sebelum terjadi kenaikan harga.


 sanggup diklasifikasikan berdasarkan intensitas kegunaan Macam-Macam Kebutuhan Manusia Menurut Intensitas Kegunaannya, Waktunya, Sifatnya, dan Subjeknya


Jenis kebutuhan berdasarkan sifatnya


Menurut sifatnya, ada 2 jenis kebutuhan manusia, yaitu :


1. Kebutuhan jasmani

Kebutuhan jasmani yaitu kebutuhan yang bekerjasama dengan jasmani atau fisik seseorang. Kondisi jasmani seseorang tersebut berupa penampilan fisik seseorang dan kesehatan. Kebutuhan jasmani ada beraneka ragam, ibarat alat kecantikan/ kosmetik, fitnes bagi yang ingin membentuk tubuh, dan lain-lain.


2. Kebutuhan rohani

Kebutuhan rohani ialah kebutuhan yang berkaitan dengan kesehatan dan jiwa manusia. Contoh kebutuhan rohani antara lain beribadah, pengetahuan, dan rekreasi.


Jenis kebutuhan insan berdasarkan subjeknya


Menurut subjeknya, kebutuhan insan dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :


1. Kebutuhan perseorangan/ individual

Kebutuhan perseorangan/ individual yaitu kebutuhan yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan individu atau diri sendiri. Antarindividu mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda. Contoh kebutuhan perseorangan yaitu seorang montir membutuhkan seperangkat kunci pas, seorang event organizer membutuhkan laptop, serta seorang penulis membutuhkan buku referensi.


2. Kebutuhan kelompok/ kolektif

Kebutuhan kelompok atau kolektif yaitu kebutuhan yang dipakai secara gotong royong oleh suatu kelompok dalam masyarakat. Contoh kebutuhan kelompok antara lain kebutuhan akan jalan tol, supermarket, dan taman hiburan.

Demikianlah klarifikasi mengenai jenis-jenis kebutuhan manusia atau macam-macam kebutuhan manusia. Semoga goresan pena ini bermanfaat.

Load comments