Friday, January 3, 2020

Bagian-Bagian Buah Dan Biji Pada Tumbuhan

Buah merupakan bab pada tumbuhan yang pada awalnya merupakan bakal buah tetapi lalu mengalami fertilisasi. Fungsi buah pada tumbuhan yaitu sebagai daerah penyimpan cadangan makanan. Buah biasanya membungkus dan melindungi biji.

Buah yang seluruhnya terbentuk dari bakal buah disebut buah sejati, contohnya buah mangga. Adapun buah yang terbentuk dari bakal buah dan bab lain dari bunga disebut buah semu. Buah semu bisa kita lihat pada tumbuhan jambu monyet. Buah jambu monyet terbentuk dari tangkai bunga yang mengembung.

Buah terdiri atas tiga bagian, yaitu lapisan luar, lapisan tengah, dan lapisan dalam. Ketiga bab itu disebut perikarp.

Berikut ini yaitu klarifikasi singkat mengenai bagian-bagian buah.


Lapisan luar (eksokarp)


Lapisan luar buah disebut juga kulit buah. Kulit buah pada tumbuhan ada yang keras dan ada yang lunak. Kulit buah pada buah kering umumnya keras, contohnya buah kacang tanah. Namun, ada juga buah yang mempunyai eksokarp tipis, contohnya buah tomat.


Lapisan tengah (mesokarp)


Pada beberapa jenis buah, lapisan tengah ini biasa disebut daging buah. Contoh pada buah mangga dan buah apel.


Lapisan dalam (endokarp)


Endokarp merupakan lapisan paling dalam yang mengelilingi biji. Endokarp ada yang tebal dan keras, contohnya pada buah kelapa.


Berdasarkan jumlah bakal buah dan bunga yang berperan dalam pembentukan buah sejati, buah dibedakan menjadi tiga macam, yaitu sebagai berikut :
  1. Anak buah tunggal yaitu buah yang dibuat oleh satu bakal buah, pola buah mangga, buah pepaya, dan buah durian.
  2. Buah beragam yaitu buah yang dibuat oleh beberapa bakal buah dari beberapa bunga, pola buah nanas, buah nangka, dan  buah pandan.
  3. Buah agregat yaitu buah yang dibuat oleh beberapa bakal buah dari satu bunga, pola buah murbei dan buah cempaka.

Pada tumbuhan berbiji, biji merupakan bab tumbuhan yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan utama alasannya yaitu mengandung calon tumbuhan baru. Biji terdiri atas kulit, biji, tali pusar dan inti biji. Berikut ini yaitu klarifikasi singkat mengenai bagian-bagian biji.


 Buah merupakan bab pada tumbuhan yang pada awalnya merupakan bakal buah tetapi kemudia Bagian-Bagian Buah dan Biji pada Tumbuhan

Kulit biji


Kulit biji berasal dari selaput bakal biji dan merupakan bab terluar biji. Pada tumbuhan angiospermae, kulit biji terdiri atas kulit luar (testa) dan kulit dalam (tegmen). Pada tumbuhan gymnospermae kulit biji terdiri atas tiga lapis yaitu kulit luar (sarkotesta biasanya berdaging tebal), kulit tengah (sklerotesta merupakan lapisan yang berpengaruh dan keras), dan kulit dalam (endotesta menyerupai selaput, sering kali menempel dekat pada inti biji).


Tali pusar atau tangkai biji


Tali pusar merupakan bab yang menghubungkan biji dengan tembunil, jadi merupakan tangkai biji. Setelah biji masak, biji akan terlepas dari tali pusar (tangkai biji) dan pada biji hanya tampak bekasnya yang disebut pusar biji.


Inti biji atau isi biji


Inti biji merupakan semua bab biji yang terdapat di sebelah dalam kulitnya. Inti biji disebut pula dengan isi biji. Inti biji terdiri atas forum dan putih forum (albumen). Lembaga merupakan calon individu baru. Putih forum merupakan jaringan berisi kuliner cadangan untuk masa awal perkecambahan biji hingga tumbuh menjadi tumbuhan yang mempunyai bab badan lengkap dan bisa menciptakan kuliner sendiri.

Demikianlah klarifikasi mengenai bagian-bagian buah dan biji pada tumbuhan. Semoga goresan pena ini bermanfaat untuk kita semua.

Load comments