Thursday, January 2, 2020

Cabang Biologi Dan Manfaat Biologi Bagi Insan Dan Lingkungan

Cabang biologi


Biologi merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang berkembang sangat pesat. Perkembangan tersebut melahirkan banyak sekali macam cabang ilmu biologi yang semakin hari semakin banyak. Jika diibaratkan pohon, biologi merupakan pohon ilmu yang sangat besar yang mempunyai berbaga cabang-cabang ilmu. Tiap cabang ilmu biologi akan menghasilkan anak cabang ilmu gres yang berkembang sangat pesat. 


Berikut ini yakni beberapa cabang dalam ilmu biologi.


Cabang Biologi
Objek yang dikaji
Anatomi
Mempelajari perihal bagian-bagian badan makhluk hidup
Botani
Mempelajari perihal tumbuhan
Ekologi
Mempelajari perihal interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya
Epidemielogi
Mempelajari perihal penularan jenis penyakit
Fisiologi
Mempelajari perihal fungsi kerja organ tubuh
Genetika
Mempelajari perihal pewarisan sifat
Higiene
Mempelajari perihal pemerliharaan kesehatan makhluk hidup
Imunologi
Mempelajari perihal sistem kekebalan tubuh
Karsinologi
Mempelajari perihal crustacea
Mikrobiologi
Mempelajari perihal mikroorganisme
Organologi
Mempelajari perihal organ
Parasitologi
Mempelajari perihal makhluk parasit
Sitologi
Mempelajari perihal sel
Taksonomi
Mempelajari perihal pengelompokkan makhluk hidup
Zoologi
Mempelajari perihal hewan


 Biologi merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang berkembang sangat pesat Cabang Biologi dan Manfaat Biologi bagi Manusia dan Lingkungan


Manfaat biologi bagi insan dan lingkungan


Biologi merupakan ilmu yang mempelajari perihal makhluk hidup. Dengan mempelajari biologi, kita tidak saja memperoleh ilmu pengetahuan perihal makhluk hidup, tetapi juga memperoleh pengetahuan perihal metode mempraktikkan ilmu pengetahuan tersebut.

Pengetahuan perihal makhluk hidup sanggup dimanfaatkan untuk untuk memecahkan duduk kasus guna meningkatkan kesejahteraan hidup manusia, mirip duduk kasus pangan, sandang, papan, energi, lingkungan, dan kesehatan. Bahkan duduk kasus sosial sanggup diatasi dengan biologi.

Contoh duduk kasus di bidang sosial, contohnya menentukan orang renta dan keturunannya sanggup dibantu dengan pengetahuan perihal DNA yang dipelajari dalam genetika. Memelihara lingkungan dengan menerapkan pengetahuan perihal ekologi. Mengatasi penyakit yang disebabkan oleh virus dengan mengetahui karakteristik virus yang akan dipelajari dalam biologi.

Kita juga mempunyai keterampilan kerja ilmiah dan perilaku ilmiah, serta sadar terhadap hidup dan kehidupan dalam lingkungan sehabis mempelajari biologi. Ilmu pengetahuan yang terkandung dalam biologi telah banyak menolong insan dari banyak sekali masalah, mirip wabah penyakit dan kelaparan. Dengan biologi, para ilmuwan sanggup mengetahui bagaimana suatu penyakit sanggup menyebar dan menular sehingga memudahkan cara menanggulanginya atau mencegahnya.

Pengetahuan biologi juga sanggup menciptakan insan sadar perlunya menentukan masakan yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tubuh, serta menginsyafkan insan pada pentingnya olahraga sebagai upaya menjaga kesejukan dan kebugaran tubuh.

Selain itu, insan juga sanggup keluar dari malapetaka kelaparan, lantaran sanggup meningkatkan produksi pertanian sehabis berhasil menemukan hibrida maupun cara menanam dan memeliharanya.

Pengetahuan biologi telah mengajarkan kepada insan bagaimana menjaga dan melestarikan tumbuhan dan fauna yang merupakan kekayaan alam sebagai anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, pengetahuan biologi sanggup dipakai untuk menjinakkan dan memelihara binatang dan tumbuhan liar sehingga sanggup dimanfaatkan bagi lingkungan.

Biologi berperan pula sebagai ilmu pengetahuan dasar bagi pertumbuhan dan perkembangan disiplin ilmu-ilmu yang lain mirip pertanian, peternakan, kedokteran, kehutanan, kependudukan, dan lingkungan hidup. Di tengah-tengah sains yang lain biologi merupakan motivator bagi perkembangan cabang ilmu pengetahuan lainnya.

Demikianlah klarifikasi mengenai cabang-cabang ilmu biologi dan manfaat biologi bagi insan dan lingkungan. Semoga goresan pena ini bermanfaat untuk kita semua.

Load comments