Thursday, January 16, 2020

Hubungan Sosiologi Dengan Ekonomi, Ilmu Sejarah, Antropologi, Dan Ilmu-Ilmu Pasti

Sosiologi dan Ekonomi


Ekonomi mempelajari usaha-usaha insan dalam memenuhi impian dan kebutuhan materiilnya, sementara sosiologi mempelajari unsur-unsur dalam masyarakat secara keseluruhan. Contoh, ilmu ekonomi berusaha memecahkan masalah bagaimana menaikkan nilai rupiah terhadap dollar Amerika dengan cara menurunkan suku bunga bank.

Berbeda dengan ekonomi, ilmu sosiologi melihat masalah ini dengan lebih luas lagi yang melibatkan banyak sekali unsur masyarakat, menyerupai perjuangan kecil menengah, hukum, pemberdayaan ekonomi rakyat, kondisi eksklusif individual (seperti etos kerja dan kompetisi), dan struktur kekuasaan.


Sosiologi dan ilmu sejarah


Sosiologi dan sejarah merupakan ilmu sosial yang mempelajari insiden dan hubungan yang dialami insan sebagai individu dan sebagai anggota masyarakat. Sejarah melihat banyak sekali insiden atau insiden yang dialami insan pada periode silam dan mencari hubungan antarperistiwa tersebut.

Selain itu, sejarah juga berfungsi untuk menemukan sebab-sebab terjadinya suatu peristiwa. Dengan kata lain, sejarah menaruh perhatian hanya kepada insiden periode silam dan sifat unik dari insiden tersebut. 

Berbeda dengan sejarah, ilmu sosiologi hanya memperhatikan insiden yang merupakan proses kemasyarakatan yang timbul dari hubungan antarmanusia dalam situasi berbeda.



Sosiologi dan Antropologi


Antropologi, khususnya antropologi sosial, agak sulit dibedakan dengan sosiologi. Ada pendapat yang menyatakan bahwa antropologi memusatkan perhatiannya pada masyarakat primitif atau mempunyai kebudayaan yang masih sederhana, sementara sosiologi memusatkan perhatiannya kepada masyarakat moderen yang kompleks.

Namun, kini ini antropologi juga menaruh perhatian kepada masyarakat moderen, menyerupai munculnya kajian antropologi perkotaan. Demikian pula dengan sosiologi, yang mulai melihat masyarakat pedesaan. Menurut Koentjaningrat, yang membedakan sosiologi dan antropologi yaitu metode ilmiahnya.



Sosiologi dan ilmu-ilmu pasti


Sosiologi juga mempunyai hubungan dengan ilmu-ilmu pasti, terutama dengan matematika. Dalam suatu penelitian, sosiologi memakai angka-angka matematis, menyerupai data-data statistik, sebagai salah satu analisisnya.

usaha insan dalam memenuhi impian dan kebutuhan materiilnya Hubungan Sosiologi dengan Ekonomi, Ilmu Sejarah, Antropologi, dan Ilmu-Ilmu Pasti


Demikianlah klarifikasi mengenai hubungan antara sosiologi dengan ilmu ekonomi, ilmu sejarah, antropologi, dan ilmu-ilmu pasti. Semoga goresan pena ini menunjukkan banyak manfaat dan meningkatkan pemahaman kita mengenai ilmu sosiologi. 

Load comments