Saturday, January 11, 2020

Jenis-Jenis Jasa Bank Lainnya

Selain menghimpun dana dan menyalurkannya kepada masyarakat, bank juga menyediakan jasa-jasa bank lainnya. jasa-jasa bank lainnya ini sangat bermanfaat bagi masyarakat umum dan memperlihatkan banyak laba pada sebuah bisnis perbankan.

Semakin lengkap jasa-jasa bank lainnya yang sanggup dilayani oleh bank maka akan semakin baik. Kelengkapan ini ditentukan dari permodalan bank serta kesiapan bank dalam menyediakan SDM yang handal. Di samping itu, juga perlu didukung oleh kecanggihan teknologi yang dimilikinya.

Berikut ini ialah jenis-jenis jasa bank lainnya yang ditawarkan oleh bank


Kiriman uang (transfer)


Kiriman uang atau tranfer merupakan jasa bank lainnya yang sangat mempunyai kegunaan dikala ini. acara tranfer mencakup jasa pengirman uang lewat bank. Pengiriman uang ini sanggup dilakukan pada bank yang sama juga bank yang berlainan. Pengiriman uang sanggup dilakukan dengan tujuan dalam kota, dalam negeri, bahkan luar negeri. Khusus pengiriman uang ke luar negeri harus melalui devisa. Jasa bank ini memperlihatkan banyak kemudahan ditengah menjamurnya bisnis online dikala ini dan mulai tingginya kepercayaan masyarakat terhadap jasa bank ini.


Kliring (clearing)


Kliring merupakan jasa bank lainnya yang berupa penagihan warkat (surat-surat berharga menyerupai cek dan bilyet giro) yang berasal dari dalam kota. Proses penagihan warkat kliring memakan waktu satu hari. Besarnya biaya penagihan tergantung pada bank yang bersangkutan.


Inkaso (collection)


Inkaso merupakan penagihan warkat (surat-surat berharga menyerupai cek dan bilyet giro) yang berasal dari luar kota atau luar negeri proses penagihan lewat inkaso tergantung dari jarak lokasi penagihan dan biasanya memakan waktu satu ahad hingga satu bulan. Besarnya biaya yang dibebankan tergantung pada bank dengan pertimbangan jarak dan pertimbangan lainnya.


Safe deposit box


Safe deposit box atau dikenal juga dengan istilah safe loket. Jasa bank lainnya ini memperlihatkan pelayanan penyewaan box atau kotak pengaman daerah menyimpan surat-surat berharga atau barang-barang berharga milik nasabah. Biasanya barang-barang yang disimpan tersbeut kondusif dari ancaman kebakaran dan pencurian. Kepada nasabah penyewa box akan dikenakan biaya yang besarnya tergantung ukuran box dan lamanya jangka waktu penyewaan.


Bank card (kartu kredit)


Bank card lebih polpuler dengan nama kartu kredit, atau disebut juga katu plastik atau uang plastik. Kartu ini sanggup dibelanjakan di banyak sekali tempat-tempat perbelanjaan atau tempat-tempat hiburan. Kartu ini juga sanggup dipakai untuk mengambil uang dari ATM. Pemegang kartu kredit dikenai biaya tahunan yang besarnya telah ditetapkan oleh bank.


Bank notes


Bank notes merupakan jasa penukaran valuta asing. Dalam jual beli bank notes bank memakai kurs (nilai tukar rupiah dengan mata uang asing).


Bank garansi


Bank garansi merupakan jaminan bank yang diberikan kepada nasabah dalam rangka membiayai suatu usaha. Dengan jaminan bank ini si pengusaha memperoleh akomodasi untuk melaksanakan kegiatannya dengan pihak lain. Tentu sebelum jaminan bank dikeluarkan bank maka terlebih dahulu bank akan mempelajari dapat dipercaya nasabahnya.


Bank draft


Bank draft merupakan jasa bank lainnya berupa wesel yang dikeluarkan oleh bank kepada para nasabahnya. Wesel ini sanggup diperjualbelikan apabila nasabah membutuhkannya.


Letter of Credit (L/C)


Letter of credit merupakan surat kredit yang diberikan kepada para eksportir dan importir yang dipakai untuk melaksanakan pembayaran atas transaksi ekspor-impor yang mereka lakukan. Dalam transaksi ini terdapat banyak sekali macam jenis Letter of Credit, sehingga nasabah sanggup meminta sesuai dengan  kondisi yang diinginkannya.


Cek wisata (Travellers Cheque)


Travellers cheque merupakan cek perjalanan yang biasanya dipakai oleh turis atau wisatawan. Cek wisata sanggup dipergunakan sebagai alat  pembayaran di banyak sekali daerah pembelanjaan atau hiburan menyerupai hotel, supermarket, dan lain-lain. Cek wisata juga sanggup dijadikan hadiah kepada para relasinya.



Menerima setoran-setoran


Jasa-jasa bank lainnya dalam hal ini ialah bank membantu nasabahnya dalam rangka menampung setoran dari banyak sekali tempat, antara lain :
  • Pembayaran pajak
  • Pembayaran telepon
  • Pembayaran air
  • Pembayaran listrik
  • Pembayaran uang kuliah


Melayani pembayaran-pembayaran


 Selain menghimpun dana dan menyalurkannya kepada masyarakat Jenis-Jenis Jasa Bank Lainnya


Sama menyerupai dalam hal mendapatkan setoran-setoran, dalam hal ini bank juga melaksanakan pembayaran menyerupai yang diperintahkan oleh nasabahnya, antara lain :
  • Membayar gaji/ pensiun / honorarium
  • Pembayaran deviden
  • Pembayaran kupon
  • Pembayaran bonus/ hadiah


Bermain di pasar modal


Kegiatan bank sanggup memperlihatkan atau bermain surat-surat berharga di pasar modal. Bank sanggup berperan dalam banyak sekali acara menyerupai menjadi :
  • Penjamin emisi (underwriter)
  • Penjamin (guarantor)
  • Wali amanat (trustee)
  • Perantara perdagangan efek (pialang/ broker)
  • Perdagangan efek (dealer)
  • Perusahaan pengelola dana (investment company)


Demikiahlah klarifikasi mengenai jasa-jasa bank lainnya selain mengumpulkan dan menghimpun dana dari masyarakat serta menyalurkannya. Semoga goresan pena ini bermanfaat untuk kita semua.

Load comments