Friday, January 10, 2020

Jenis-Jenis Kantor Bank

Jenis-Jenis kantor bank muncul alasannya yaitu bank terdiri dari banyak sekali macam jenis tingkatan. Seperti yang kita ketahui, kalau dilihat dari banyak sekali segi bank sanggup dikategorikan ke dalam banyak sekali jenis. Demikian pula dalam satu bank terdapat banyak sekali jenis tingkatan. Jenis tingkatan ini ditunjukkan dari volume kegiatan, kelengkapan jasa yang ditawarkan, wewenang mengambil keputusan, serta jangkauan wilayah operasinya. Jadi, apa saja jenis-jenis kantor bank ?

Untuk memilih tingkatan atau jenis-jenis kantor bank sanggup dilihat luasnya acara jasa-jasa bank yang ditawarkan dalam suatu cabang bank. Luasnya acara ini tergantung dari budi kantor sentra bank tersebut.

Di samping itu besar kecilnya acara cabang bank tersebut tergantung pula dari wilayah operasinya. Begitu pula dengan wewenang pengambilan keputusan suatu masalah, menyerupai dalam hal batas santunan kredit juga dimiliki oleh masing-masing tingkatan.

Jenis-jenis kantor bank yang dimaksud yaitu sebagai berikut :


Kantor Pusat


Kantor Pusat merupakan jenis kantor bank di mana semua acara perencanaan hingga pada pengawasan terdapat pada kantor ini. Setiap bank mempunyai satu kantor sentra dan kantor sentra tidak melaksanakan acara operasional sebagaimana kantor bank lainnya akan tetapi mengendalikan jalannya budi kantor sentra terhadap cabang-cabangnya. Diartikan pula bahwa acara kantor sentra bank hanya melayani cabang-cabangnya saja dan tidak melayani jasa bank kepada masyarakat umum.


Kantor cabang penuh


Kantor cabang penuh merupakan salah satu kantor cabang  yang memperlihatkan jasa paling lengkap. Dengan kata lain semua acara perbankan ada di kantor cabang penuh dan biasanya kantor cabang penuh membawahi kantor cabang pembantu.


Kantor cabang pembantu


Kantor cabang pembantu yaitu cabang yang berada di bawah kantor cabang penuh dan acara jasa bank yang dilayani hanya  sebagian dari acara cabang penuh. Perubahan status dari cabang pembantu ke cabang penuh  dimungkinkan apabila memang cabang tersebut dinilai sudah memenuhi kriteria sebagai cabang penuh dari kantor pusat.


Kantor kas

 muncul alasannya yaitu bank terdiri dari banyak sekali macam jenis tingkatan Jenis-Jenis Kantor Bank


Kantor kas merupakan jenis kantor bank yang paling kecil di mana kegiatannya hanya mencakup teller/ kasir saja. Dengan kata lain kantor kas hanya melaksanakan sebagian kecil dari acara perbankan da berada di bawah cabang pembantu  atau cabang penuh. Bahkan kini ini banyak kantor kas yang dilayani dengan kendaraan beroda empat dan sering disebut kas keliling.

Demikianlah klarifikasi mengenai jenis-jenis kantor bank. Semoga goresan pena ini bermanfaat dan jangan lupa baca materi-materi lainnya juga.

Load comments