Friday, January 17, 2020

Kegunaan Sosiologi Dan Tugas Sosiolog

Pada kesempatan ini akan dijelaskan mengenai kegunaan sosiologi dan peran sosiolog dalam ilmu sosiologi.


Kegunaan sosiologi


Dalam setiap bidang ilmiah terdapat perbedaan antara ilmu murni dan ilmu terapan. Ilmu murni (pure science) merupakan pencarian pengetahuan. Segi penggunaan praktisnya bukan merupakan perhatian utama. Ilmu terapan (applied science) merupakan pencarian cara-cara untuk memakai pengetahuan ilmiah guna memecahkan persoalan praktis.

Seorang mahir sosiologi yang melaksanakan penelitian perihal struktur sosial suatu masyarakat miskin, sedang bekerja sebagai seorang ilmuwan murni. Akan tetapi, dikala hal ini diteruskan dengan studi perihal cara mencegah kejahatan di tempat miskin, maka hal ini menjadi ilmu terapan.

Bila diteliti secara mendalam, sosiologi merupakan ilmu murni dan ilmu terapan. Pengetahuan sosiologi telah diterapkan secara umum. Banyak sosiolog yang dipekerjakan dalam instansi-instansi negara maupun dengan menjadi konsultan banyak sekali macam perencanaan pembangunan. Dalam hal ini, tentunya tugas sosiolog sangat dibutuhkan terutama yang berkaitan dengan penelitian, pengolahan data, dan perencanaan kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat.

Kegunaan sosiologi bagi masyarakat ialah sebagai berikut :


1. Untuk pembangunan

Sosiologi mempunyai kegunaan untuk menawarkan data sosial yang diharapkan pada tahap perencanaan pelakasanaan maupun evaluasi pembangunan. Pada tahap perencanaan, yang harus diperhatikan ialah apa yang menjadi kebutuhan sosial. Pada tahap pelaksanaan yang harus dilihat ialah kekuatan sosial dalam masyarakat serta proses perubahan sosialnya. Sementara itu, pada tahap penelitian yang harus dilakukan ialah analisis terhadap imbas atau dampak sosial pembangunan tersebut.


2. Untuk penelitian

Dengan penelitian dan penyelidikan sosiologis, akan diperoleh suatu perencanaan atau pemecahan persoalan sosial yang baik. Di negara yang sedang membangun, tugas sosiolog sangat dibutuhkan. Dari data yang dihasilkan oleh penelitian sosiologis, para pengambil keputusan sanggup menyusun planning dan pemecahan suatu persoalan sosial. Contohnya, cara pencegahan kenakalan dewasa dan cara meningkatkan kembali rasa solidaritas antarwarga.



Peran sosiolog


Sebagai mahir ilmu kemasyarakatan, para sosiolog tentu saja sangat berperan dalam pembangunan masyarakat di suatu daerah, terutama di tempat yang sedang berkembang. Bentuk-bentuk tugas para mahir tersebut sanggup kita gambarkan sebagai berikut :

Peran sosiolog sangat dibutuhkan terutama yang berkaitan dengan penelitian, pengolahan data, dan perencanaan kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat.


Peran sosiolog sebagai mahir riset


Seperti semua ilmuwan lainnya, para sosiolog menaruh perhatian pada pengumpulan dan penggunaan data. Untuk itu, para sosiolog melaksanakan riset ilmiah untuk mencari data perihal kehidupan sosial suatu masyarakat. Data itu lalu diolah menjadi suatu karya ilmiah yang mempunyai kegunaan bagi pengambilan keputusan untuk memecahkan masalah-masalah dalam masyarakat.

Dalam kaitan dengan hal ini, seorang sosiolog harus bisa menjernihkan banyak sekali anggapan keliru yang berkembang dalam masyarakat. Dari hasil penelitiannya, sosiolog harus bisa menghadirkan kebenaran-kebenaran semoga dampak negatif yang mungkin ditimbulkan oleh kekeliruan dalam masyarakat sanggup dihindari. Berdasarkan hal itu pula, seorang sosiolog bisa menghadirkan ramalan sosial yang didasarkan pada pola-pola, kecenderungan, dan perubahan yang paling mungkin terjadi.


Peran sosiolog sebagai konsultan kebijakan 


Ramalan sosiologi sanggup pula membantu memperkirakan imbas kebijakan sosial yang mungkin terjadi. Setiap keputusan kebijakan ialah suatu ramalan. Artinya, kebijakan yang diambil dengan suatu impian menghasilkan imbas atau dampak yang diinginkan. Namun, sering terjadi bahwa kebijakan yang diambil tidak memenuhi impian tersebut.

Salah satu faktornya ialah ketidakteraturan kesimpulan atau dugaan yang salah terhadap permasalahannya. Contohnya, apakah kebijakan pemerintah DKI Jakarta melaksanakan penggusuran di wilayah bantaran sungai akan mengurangi resiko banjir ? apakah penutupan lokalisasi pealcuran di Keramat Tunggak dan menggantinya dengan sentra acara keagamaan bisa menghilangkan pelacuran ?


Peran sosiolog sebagai teknisi


Beberapa sosiolog terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan acara masyarakat. Mereka memberi saran-saran, baik dalam penyelesaian banyak sekali hubungan dalam masyarakat, hubungan antarkaryawan, persoalan moral, maupun hubungan antarkelompok dalam suatu organisasi.

Dalam kedudukan ibarat ini, sosiolog bekerja sebagai ilmuwan terapan (applied scientist). Mereka dituntut untuk memakai pengetahuan ilmiahnya dalam mencari nilai-nilai tertentu, ibarat efisiensi kerja atau efektivitas suatu agenda atau kebijakan masyarakat.



Peran sosiolog sebagai guru atau pendidik


Dalam menyajikan suatu fakta, seorang sosiolog harus bersikap netral dan objektif. Contohnya, dalam menyajikan data perihal persoalan kemiskinan, seorang sosiolog dihentikan membuat anggapan sebagai pendukung suatu proyek atau acara tertentu atau mengubahnya sehingga terkesan reformis, konservatif, dan sebagainya.

Sosiolog sanggup menyajikan contoh-contoh kasatmata perihal bagaimana keterlibatan mereka dalam pemecahan persoalan sosial. Keterlibatan mereka dalam kegiatan-kegiatan sosial yang bersifat membangun serta memperlihatkan apa yang telah mereka pelajari dari pengalaman-pengalaman tersebut.

 Pada kesempatan ini akan dijelaskan mengenai  Kegunaan Sosiologi dan Peran Sosiolog


Demikianlah klarifikasi mengenai kegunaan sosiologi dan peran sosiolog di dalam masyarakat. Semoga goresan pena ini bermanfaat untuk kita semua.  

Load comments