Thursday, January 9, 2020

Pengertian Travellers Cheque Atau Cek Wisata Dan Keuntungannya

Pengertian Travellers Cheque 


Pengertian Travellers Cheque (TC) atau yang dikenal juga dengan cek wisata ialah cek yang dipakai oleh orang yang hendak berpergian atau sering dibawa oleh turis atau wisatawan. Travellers cheque diterbitkan dalam pecahan-pecahan tertentu, ibarat halnya dengan uang kartal dan diterbitkan dalam mata uang rupiah dan mata uang asing. Pecahan travellers cheque dimulai dari Rp50.000,- hingga dengan Rp25.000.000,- tergantung dari bank yang menerbitkannya.

Penggunaan travellers cheque sanggup dibelanjakan di banyak sekali kawasan terutama cabang bank yang mengeluarkan travellers cheque tersebut. Di samping itu, travellers cheque juga sanggup diuangkan di banyak sekali bank lain atau kawasan perbelanjaan tertentu. 

Travellers cheque yang diterbitkan dalam mata uang absurd dalam setiap transaksinya baik transaksi penjualan maupun transaksi pembelian memakai kurs. Kurs yang dipakai baik dalam pembelian maupun dalam penjualan travellers cheque valas ialah kurs devisa umum.

Travellers cheque juga sering dipakai sebagai hadiah atau cendera mata kepada rekan-rekan nasabah. Hal ini disebabkan kurang etis bila memperlihatkan hadiah dalam bentuk tunai. Namun remaja ini penggunaan travellers cheque sudah mulai berkurang lantaran adanya alat pembayaran lain yang lebih gampang dan mudah ibarat kartu kredit.


Keuntungan travellers cheque


Keuntungan atau manfaat penggunaan travellers cheque terutama bagi mereka yang suka berpergian atau berwisata antara lain :
  1. Memberikan akomodasi berbelanja, lantaran travellers cheque sanggup dibelanjakan atau diuangkan di banyak sekali tempat.
  2. Mengurangi resiko kehilangan uang lantaran setiap travellers cheque yang hilang sanggup diganti.
  3. Memberikan rasa percaya diri, lantaran si pemakai travellers cheque dilayani secara prima.
  4. Dapat dijadikan cendera mata atau hadiah untuk teman, kolega, atau nasabah
  5. Biasanya untuk pembelian travellers cheque, tidak dikenakan biaya, begitu pula pada dikala pencairannya, namun hal ini sangat tergantung dari bank yang menerbitkannya.

Jenis-jenis travellers cheque yang beredar sanggup dilihat dari segi mata uang, antara lain :
  1. Travellers cheque mata uang rupiah.
  2. Travellers cheque dalam valuta asing, untuk travellers cheque dalam valuta absurd diterbitkan oleh bank yang berstatus bank devisa.

Antara travellers cheque dengan cek biasa terdapat beberapa perbedaan. Travellers cheque merupakan cek wisata sedangkan cek merupakan cek yang diperoleh seseorang dengan membuka rekening giro di suatu bank. Meskipun dalam banyak hal terdapat perbedaan, namun mempunyai fungsi yang relatif sama, yaitu sebagai alat pembayaran.

 atau yang dikenal juga dengan cek wisata ialah cek yang dipakai oleh orang yang hendak Pengertian Travellers Cheque atau Cek Wisata dan Keuntungannya


Perbedaan antara cek dan travellers cheque sanggup dilihat pada tabel di bawah ini :

Cek/ cheque
Travellers cheque
Umurnya maksimal 70 hari
Umurnya tidak dibatasi, tergantung bank yang menerbitkannya
Hanya sanggup diuangkan pada bank di mana dibuka rekening
Dapat dibelanjakan dan diuangkan di banyak sekali kawasan yang punya hubungan dengan bank yang mengeluarkannya
Besarnya nilai cek ditulis pada dikala penerbitan cek
Besarnya nilai travellers cheque sudah tertulis bentuk penggalan tertentu
Dikenakan bea materai
Tidak dikenakan bea materai
Tanda tangan dibubuhkan ooada dikala penerbitan cek
Tanda tangan dibubuhkan dua kali, yaitu pada dikala pembelian dan pencairan
Dapat ditandatangani lebih dari dua orang
Hanya ditandatangani oleh satu orang yang berhak
Cek biasa pada hakikatnya ialah pencairan simpanan di bank
Travellers cheque  pada hakikatnya bukan  berasal dari simpanan di bank
Cek biasa bila hilang, maka tidak sanggup digantikan
Travellers cheque bila hilang sanggup diganti sesuai dengan nominal yang hilang tersebut


Demikianlah klarifikasi mengenai travellers cheque. Semoga goresan pena ini bermanfaat untuk kita semua dan meningkatkan pemahaman mengenai pengertian travellers cheque, manfaat travellers cheque dan jenis-jenis travellers cheque.

Load comments